Making Higher Education Open To All



UT Sorong Menyelenggarakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) ProgramMagister

 

Mahasiswa baru Program Magister (S-2) di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Sorong mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) di Kampus UT Sorong, Sabtu (15/2). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Direktur UPBJJ-UT Sorong, Safriansyah, S.Sos., M.Si. OSMB adalah salah satu kegiatan yang wajib untuk diikuti oleh mahasiswa baru. Oleh sebab itu, diadakan OSMB ini untuk memberikan informasi tentang profil UT sebagai perguruan tinggi negeri yang meyelenggarakan sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, agar supaya mahasiswa baru memahami dan menjalankan proses pembelajaran dengan baik, serta selesai kuliah tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Adapun tujuan diadakan OSMB ini, mahasiswa dapat menempuh proses akademik dan administratif  setiap semester yang menentukan kualitas kelulusannya.

 

 

Sebanyak, 24 mahasiswa baru program Pascasarjana (S-2) dengan 2 program studi,  yakni Magister Manajemen (MM) dan Magister Adminstrasi Publik (MAP) dengan perkuliahan secara online(fully online) yang akan mengikuti OSMB UBPJJ-UT Sorong. Dan, rata-rata kesibukan mahasiswa tersebut adalah sebagai pegawai ASN pada pemerintahan.

 

 “Inilah salah satu keuntungan berkuliah di UT, karena dari status kepegawaian mahasiswa yang kuliah disini mereka hanya perlu mendapatkan izin dan tidak perlu mendapatkan tugas belajar. Sehingga bisa kuliah sambil bekerja dan setelah selesai kuliah ijazah pun bisa digunakan untuk penyesuaian karir,”ungkapnya.

 

 

 

Perlu diketahui,  UT ini tersistem mulai dari pendaftaran mahasiswa baru, registrasi mahasiswa, pembayaran SPP, mengikuti OSMB, penerimaan modul (bahan ajar) yang sesuai dengan mata kuliah yang di ambil, menjalani kuliah online hingga ujian akhir semester (UAS). Sehingga, mahasiswa secara mandiri memperhatikan dirinya sendiri dengan mengatur jadwal belajar dan kegiatan di luar kuliah.

 

“Dan mahasiswa pun dapat wisuda tepat waktu dan mendapatkan nilai yang standard,”ungkapnya.

 

Dengan adanya OSMB sebagai kegiatan pengenalan kampus, tambah Safriansyah diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. “Sudah kami paketkan yang penting mengikuti sistem, prosedur dan bagaimana mengatur waktu antara belajar dan bekerja kemudian mengikuti setiap kegiatan akademik UT,”ungkapnya.

Salah satu Mahasiswa Jurusan Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Muhammad Rizal mengatakan dipilihnya UPBJJ-UT Sorong karena satu-satunya kampus Negeri yang menyelenggarakan kuliah Online di wilayah Papua Barat, khususnya Kota Sorong. Mengingat, pekerjaannya yang tidak bisa tinggalkan.

 “Saya bekerja di salah satu sekolah di Saoka sebagai guru Bahasa Inggris dan saya tidak dapat meninggalkan pekerjaan saya sehingga saya mengambil perkuliahan online,”ujarnya.

 

Diakui Rizal, dirinya cukup paham dengan prosedur pembelajaran di UPBJJ-UT Sorong dan memang ada konsekuensi antara kuliah jarak jauh (online) dengan tatap muka (regular). Karena untuk kuliah secara online, dirinya harus lebih ekstra belajar dan terus memantau email karena ada tutorial pembelajarannya.

“Ditempat saya akses internetnya cukup bagus dan saya berharap mungkin UPBJJ-UT Sorong bisa memperbanyak jurusan Magisternya seperti jurusan Fisika karena beberapa teman ingin melanjutkan S2 di UPBJJ-UT  Sorong namun jurusannya tidak ada dan tidak bisa meninggalkan sekolah."

UT Sorong Menyelenggarakan PS-GPM PAUD Di Tahun 2020


 

Untuk memperkenalkan sistem pendidikan terbuka dan belajar jarak jauh serta memperkenalkan pola pembelajaran Program Sertifikat Guru Pendamping Muda (PSGPM) PAUD, UPBJJ-UT Sorong mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Peningkatan Kapasistas Tenaga Pendidik PAUD melalui PSGPM PAUD UT”. Acara ini ditujukan khusus untuk peserta program PSGPM PAUD dan baru pertama kali di tahun 2020 dilaksanakan di UPBJJ-UT Sorong, yang mana program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018.

 

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Februari 2020 bertempat di kantor UPBJJ-UT Sorong. Pembicara yang hadir pada kegiatan ini adalah Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka Ibu Trini, Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ibu Siti Aisyah, serta dua orang staf dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, yaitu Pak Heru dan Pak Sigit. Selain itu, kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Bapak Kepas Kalasuat beserta jajarannya, dari IGTKI dan HIMPAUDI Kota dan Kabupaten Sorong. Adapun Materi yang diberikan kepada calon peserta adalah Sistem Perguruan Tinggi Jarak Jauh (SPTJJ), Company Profile Universitas Terbuka, serta Sistem Penyelenggaraan PS-GPM PAUD UT.


UT Sorong Gelar Kegiatan Bimbingan Tesis Residensial I Lewat Vicon

Senin, 3 Februari 2020, Universitas Terbuka (UT) Sorong mengadakan kegiatan Bimbingan Tesis Residensial (BTR) I Program Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik. Bertempat di ruang Video Conference (vicon) UT Sorong, kegiatan BTR ini dibuka oleh Direktur UT Sorong,  Safriansyah, S.Sos., M.Si., pada pukul 11.00 WIT yang disaksikan oleh Rizky Wahyudhi (peserta/mahasiswa), Dr. Gazali Tapalas, M.A.P. dan Dr. H. Amiruddin Matutu, M.M. selaku pembimbing 1 dan 2. Sementara itu, Dr. Darmanto sebagai Moderator dan Prof. Dr. Aries Djaenuri, M.A., sebagai Pembahas Ahli dari UT Pusat menyaksikannya melalui vicon.

 

Direktur UT Sorong mengatakan, kegiatan BTR I ini diadakan sebagai tahap awal dalam proses penyelesaian studi TAPM sekaligus untuk membantu mahasiswa agar dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas sebelum berlanjut pada tahap selanjutnya. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu kelancaran proses penelitian dan penulisan TAPM mahasiswa sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Program Pascasarjana UTsehingga dapat menghasilkan TAPM yang berkualitas.

Upacara Pelantikan Penanggungjawab Administrasi Tata Usaha UT Sorong


Pada hari Kamis, 30 Januari 2020, Universitas Terbuka (UT) Sorong mengadakan upacara pelantikan Pejabat Penanggungjawab Administrasi Tata Usaha di lingkungan UT Sorong. Bertempat di ruang Lantai 2 Kantor UT Sorong, upacara pelantikan berlangsung dari pukul 09.00 dan diikuti oleh seluruh pegawai UT Sorong. Pejabat yang dilantik adalah M. Djaswad, S.Sos., menggantikan St. Aslindah, S.IP., M.Pd., yang meninggal dunia.

Kepala UPBJJ UT Sorong, Safriansyah, S.Sos., M.Si., atas nama keluarga besar Universitas Terbuka Sorong mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik sesuai dengan sumpah jabatan yang diucapkan serta mengucapkan terima kasih kepada pejabat sebelumnya atas dedikasi yang telah diberikan kepada Universitas Terbuka, khususnya UPBJJ-UT Sorong.


Penipuan Bermodus “Pembayaran Uang Kuliah” dengan Mengatasnamakan UT atau Staf UT

 

 

Sehubungan dengan maraknya isu penipuan dari nomor tidak dikenal bermodus perintah/ajakan untuk melakukan pembayaran uang kuliah dengan mengatasnamakan Universitas Terbuka (UT) atau staf UT, berikut ini kami sampaikan bahwa metode yang benar untuk proses pembayaran uang kuliah UT adalah sebagai berikut.

  1. Mahasiswa memperoleh Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R) mata kuliah dari UPBJJ-UT atau mencetak LIP-R melalui https://sia.ut.ac.id. Batas akhir pembayaran sesuai kalender akademik yang dapat diakses melalui https://www.ut.ac.id/kalender-akademik
  2. Mahasiswa mendapatkan 1 (satu) LIP-R terdiri dari biaya Registrasi mata kuliah, bahan ajar, dan biaya pengiriman bahan ajar.
  3. Memeriksa kebenaran data pada Lembar data pribadi dan LIP-R sebelum Anda melakukan pembayaran uang kuliah. Jika masih terdapat kesalahan segera minta diperbaiki kepada petugas UPBJJ-UT.
  4. Mahasiswa membawa LIP-R untuk melakukan pembayaran tunai melalui mitra UT antara lain Bank BRI, BTN, Mandiri, BNI, dan Alfa Grup.
  5. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM Bank BRI/BTN/Mandiri atau Internet Banking Bank Mandiri, SMS Banking Bank Mandiri/BTN.
  6. Jika menggunakan kartu debit Bank BRI/Mandiri dapat dilakukan melalui Electronic Data Capture (EDC) di UPBJJ-UT. Khusus mahasiswa Layanan Luar Negeri, pembayaran dilakukan melalui Virtual Account Bank BNI.

Sehubungan dengan hal tersebut UT menegaskan bahwa:

  1. Pembayaran uang kuliah tidak diberlakukan melalui metode transfer ke nomor rekening pribadi.
  2. Jika terdapat permintaan tidak sesuai dengan metode pembayaran UT serta menggunakan rekening pribadi, hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan penyalahgunaan atas nama UT oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan dan kepentingan pribadinya.
  3. UT tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut.
  4. Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, apabila diperlukan kepada calon mahasiswa UT dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada:

Contact Center UT: http://hallo-ut.ut.ac.id atau melalui Telepon: Hallo-UT 1500024

Demikian pengumuman ini dibuat. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan,

ttd.

Adi Winata
NIP 196107281986021002

Sumber : Penipuan Bermodus “Pembayaran Uang Kuliah” dengan Mengatasnamakan UT atau Staf UT

Penjajakan Kerja Sama UT Sorong dengan Bupati Kabupaten Sorong Selatan

Di Awal Tahun 2020


Kamis, 23 Januari 2020, Tim Universitas Terbuka (UT) Sorong mendapat kesempatan untuk bersilaturahmi sekaligus menjalin kerjasama dengan Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, S.E. MAP.

 

Dalam pertemuan yang bertempat di kantor Bupati Kabupaten Sorong Selatan, UT Sorong yang diwakili oleh Direktur UT Sorong dan Manajer BBLBA UT Sorong dan dihadiri pula oleh pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) dari Kabupaten Sorong Selatan.

 

Dalam kesempatan ini UT Sorong juga berharap bahwa silaturahmi dan penawaran kerjasama antara kedua belah pihak dapat terjalin sehingga dapat membantu masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan dalam hal mendapatkan akses Pendidikan. Hal ini tentunya sejalan dengan salah satu misi dari Universitas Terbuka, yakni menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.


Awal Tahun 2020, UT Sorong Silaturahmi Dengan Walikota Sorong Sekaligus Penjajakan Kerja Sama Pengembangan SDM Kota Sorong

Mengawali Tahun 2020, pada hari Senin, tanggal 20 Januari 2020, UT Sorong melakukan kunjungan silaturahmi dengan Walikota Sorong Bapak Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, MM. dan Wakil Walikota Sorong Ibu dr. Hj. Pahimah Iskandar di Kantor Walikota Sorong, Remu Utara, Kota Sorong. Selain untuk bersilaturahmi dengan Walikota dan Wakil Walikota Sorong, Tim UT Sorong juga melakukan penjajakan kerja sama kepada Pemerintah Kota Sorong dalam hal pengembangan SDM bagi ASN Pemerintah Kota Sorong, serta berkomitmen untuk tetap memberikan layanan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) kepada seluruh masyarakat.

 

Oleh karena itu, satu hal yang ditekankan oleh UT Sorong dalam pertemuan tersebut yaitu bahwa Universitas Terbuka senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus menjangkau akses layanan pendidikan ke seluruh masyarakat di Kota Sorong dan Papua Barat pada umumnya sesuai dengan slogan Universitas Terbuka “Menjangkau Yang Tidak Terjangkau”.

UPBJJ UT SORONG

Jl. Basuki Rahmat Km 11.5, Klawalu, Sorong Timur, Sorong, Papua Barat
Telp: (0951) 321054, 321056
Hp: 082198448689
E-mail:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website:
sorong.ut.ac.id

Follow Us : facebook  twitter  feed  google